BUDIDAYA BEBEK PEDAGING BEROMZET PULUHAN JUTA RUPIAH

BOGOSARI – Pemerintah Desa Bogosari Kecamatan Guntur Kabupaten Demak fokus pada pembangunan ekonomi melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) BERKAH BERSAMA yang bergerak pada usaha peternakan.

Ternak bebek pedaging atau bebek potong semakin banyak digeluti MASYARAKAT dan BUMDES BERKAH BERSAMA Desa Bogosari Kecamatan Guntur Kabupaten Demak karena berpotensi memberikan keuntungan yang menggiurkan, karena banyaknya permintaan daging bebek untuk dikonsumsi. Peluang Usaha ini masih terbuka lebar karena suplai daging bebek yang tersedia masih belum bisa memenuhi tingginya permintaan tersebut. Cara ternak itik atau bebek pedaging tergolong mudah dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun, meski tentunya diperlukan ketelatenan dan perawatan intensif agar bebek bisa dipanen dalam kondisi sehat dan menghasilkan daging yang berkualitas. Harga bebek potong di pasaran pun cukup stabil.

Daging bebek sepertinya semakin digemari masyarakat seiring dengan banyak bermunculannya usaha kuliner yang memanfaatkan daging ini sebagai bahan baku utamanya. Tekstur daging dan cita rasanya unik, berbeda dengan daging ayam. Harga masakan dengan daging bebek pun cenderung lebih mahal dibandingkan yang berbahan baku daging ayam, karena dibutuhkan teknik mengolah dan memasak yang lebih lama dan rumit.

Dengan semakin meningkatnya permintaan daging bebek untuk disuplai ke usaha-usaha kuliner, terutama warung makan dan restoran, maka peluang usaha ternak bebek pedaging terbuka lebar.

Selama ini kita mengenal dua macam ternak bebek, yaitu ternak bebek petelur dan bebek pedaging. Beternak bebek untuk diambil dagingnya sebenarnya lebih simpel dibandingkan beternak bebek petelur yang perlu memperhitungkan banyak hal, termasuk masa pemeliharaan bebek yang lebih lama karena harus menghasilkan telur secara berulang, pengaturan suhu kandang demi dihasilkannya telur berkualitas baik, memperhatikan masa kawin bebek, dan lain-lain.

Kelebihan Beternak Bebek Pedaging

Apa saja kelebihan ternak bebek potong dibandingkan bebek petelur?

  • Tahapan lebih mudah dibandingkan budidaya ternak bebek petelur.
  • Masa pertumbuhan bebek yang cepat, yakni hanya 40 hari.
  • Pemasaran hasil panen mudah dilakukan karena permintaan yang selalu ada.
  • Bagian lain dari daging bebek pun bisa dijual. Seperti bulu yang dijadikan kerajinan, dan kotorannya untuk pupuk maupun pakan lele.

Persiapan Beternak Bebek Pedaging

Bagi kamu yang berminat dengan usaha ternak bebek potong ini, ada hal-hal yang perlu kamu siapkan untuk mengembangbiakkan hewan unggas yang satu ini

  • Mencari pemasok Day Old Duck (DOD) atau bibit bebek yang baru menetas dengan kualitas terpercaya.
  • Membuat kandang box untuk DOD dan kandang besar untuk bebek dewasa. Kandang bebek dewasa bisa berbentuk panggung (bertingkat), kandang lantai, atau gabungan dari keduanya. Suhu kandang yang disarankan sekitar 30 hingga 40 derajat Celcius dengan cahaya yang cukup.
  • Menentukan pilihan pakan dan membelinya, menyiapkan jerami untuk kandang, vitamin, antibiotik, cairan desinfektan kandang, serta peralatan tambahan untuk pemeliharaan bebek.
  • Menyiapkan pemanas untuk kandang box DOD.
  • Membersihkan kandang dengan cairan desinfektan untuk sterilisasi kandang.
  • Mencari pengepul yang akan memasarkan bebek hasil panen.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan